Salah satu tips agar dapat menjadi lebih produktif adalah dengan mengetahui cara mempraktekkan teknik pomodoro. Coba & simak cara lengkapnya!
Kemampuan mengelola waktu adalah salah satu hal yang sangat penting ketika seseorang masuk ke dunia profesional. Dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, setiap tugas bisa selesai tanpa ada yang terbengkalai.
Manajemen waktu sendiri adalah kemampuan yang bisa Anda latih. Untuk menerapkannya, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana yang terbukti efektif.
Ada beberapa langkah penting yang bisa Anda praktikkan dalam manajemen waktu. Simak cara mengelola waktu dengan baik di bawah ini:
Hal pertama yang penting dalam mengelola waktu adalah memiliki rencana. Buat rincian tugas yang perlu Anda selesaikan dan urutkan tugas tersebut mulai dari yang mendesak dan yang tidak.
Dengan adanya rencana, Anda bisa mengetahui berapa banyak tugas yang harus selesai hari ini dan apa yang menjadi prioritas selanjutnya setelah menyelesaikan suatu tugas.
Coba buat list berisi tugas yang perlu Anda selesaikan. Sebagai contoh, Anda juga bisa membuat tabel seperti di bawah ini:
No. | Tugas | Prioritas | Batas Waktu |
1 | Menyelesaikan laporan kerja | Mendesak | 09.00 |
2 | Rapat dengan tim | Mendesak | 10.00 |
3 | Membaca email dan merespons | Mendesak | 14.00 |
4 | Membuat presentasi proyek | Tidak Mendesak | Hari ini |
5 | Mengikuti webinar | Tidak Mendesak | Hari ini |
6 | Menyusun jadwal minggu depan | Tidak Mendesak | Hari ini |
Daftar tabel di atas tidak hanya berfungsi sebagai cadangan. Penting bagi Anda untuk bertindak disiplin dan memprioritaskan tugas yang mendesak daripada hal lain.
Inti dari disiplin waktu adalah menunda kesenangan dan terus melakukan hal penting. Saat Anda sudah terbiasa menyisihkan hal penting untuk sesuatu yang menyenangkan, kebiasaan ini sering kali sulit untuk hilang.
Biasakan untuk beristirahat pada waktunya dan tidak mencuri-curi waktu untuk melakukan hal lain.
Tugas yang menumpuk berpotensi menjadi pemicu stres. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik agar keberadaannya tidak sampai mengganggu aktivitas.
Salah satu metode terbaik dalam mengelola stres adalah menggunakan teknik pernapasan 4-4-4. Langkah mempraktikkannya sendiri adalah sebagai berikut:
1. Posisikan diri di tempat yang rileks.
2. Tarik napas panjang selama 4 detik.
3. Tahan napas tersebut selama 4 detik juga.
4. Hembuskan perlahan selama 4 detik.
5. Ulangi kurang lebih 10 kali.
Metode di atas bisa Anda praktikkan saat merasa stres meningkat dan emosi tidak terkontrol. Nantinya langkah sederhana tersebut bisa membuat Anda lebih rileks.
Jika ingin mengelola waktu dengan efektif, pastikan fokus Anda selalu terjaga. Hindari hal-hal yang berpotensi mengganggu selama menyelesaikan pekerjaan.
Di masa sekarang, hal paling vital yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan ponsel. Biasanya notifikasi media sosial atau pesan di WhatsApp sering muncul saat menyelesaikan pekerjaan.
Jika Anda merasa sering terganggu dengan hal-hal semacam itu, jauhkan ponsel tersebut dari dekat Anda. Anda juga bisa mencoba untuk bekerja di tempat yang minim suara. Suara bising bisa membuat seseorang menjadi sulit fokus.
Banyak orang mengatakan kalau kebiasaan multitasking membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Hal ini kurang tepat dan perlu Anda hindari saat mempraktikkan cara mengelola waktu dengan baik.
Walaupun kebiasaan multitasking terkesan cepat, hasil pekerjaannya sering kali tidak maksimal dan seringkali memicu stres.
Biasakan untuk fokus pada satu tugas di satu waktu. Nantinya jika sudah selesai, Anda bisa pindah ke tugas lain dan kembali fokus sepenuhnya ke tugas tersebut.
Memastikan tubuh berada pada kondisi prima juga sangat penting dalam manajemen waktu. Jika tubuh tidak prima, Anda berpotensi mengalami kelelahan sehingga sulit mengelola waktu dengan baik.
Beberapa cara berikut ini wajib Anda jalankan untuk menjaga kondisi kesehatan:
1. Penuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat.
2. Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan memenuhi kebutuhan air putih.
3. Cukupi kebutuhan istirahat dengan tidur 7-8 jam di malam hari.
4. Rutin berolahraga sekitar 15-30 menit per hari.
5. Jaga kebersihan diri.
Penting juga untuk langsung berkonsultasi ke profesional saat merasakan masalah kesehatan. Jangan sampai masalah yang muncul Anda biarkan dan menyebabkan situasinya semakin memburuk.
Manajemen waktu terkadang kacau karena perasaan tidak enak saat orang lain mengajak ke suatu tempat atau meminta bantuan tertentu. Pada situasi ini, berani mengatakan tidak adalah kemampuan yang sangat berharga.
Saat orang lain meminta bantuan, Anda bisa menjelaskan bahwa sekarang sedang memiliki tugas yang mendesak. Sebenarnya jika memang bisa, Anda tidak perlu menolak ajakan atau permintaan tersebut.
Komunikasi kepada orang tersebut bahwa Anda bisa memenuhi permintaannya setelah semua tegas ini selesai.
Teknik pomodoro cocok untuk Anda yang sulit fokus dalam waktu lama. Cara ini membuat Anda memiliki jeda istirahat singkat selama beberapa menit sekali. Langkah ini bisa membuat fokus dan semangat Anda menjadi lebih terjaga.
Cara mempraktikkan teknik pomodoro adalah sebagai berikut:
1. Kerjakan tugas atau pekerjaan Anda dengan fokus maksimal selama 25 menit.
2. Beristirahatlah selama 5 menit dan hindari menggunakan ponsel saat beristirahat.
3. Ulangi langkah di atas 5-6 kali.
4. Selanjutnya Anda bisa mengambil istirahat lebih panjang sekitar 30 menit.
5. Ulangi dari awal dan kembali lakukan beberapa pengulangan.
Cara ini bisa membuat semangat dan motivasi Anda tetap terjaga selama beraktivitas. Tetapi ingat, teknik pomodoro hanya bisa Anda praktikkan jika proses pengerjaan suatu tugas menjadi tanggung jawab Anda sendiri tanpa campur tangan pihak lain.
Evaluasi sangat penting dalam mengelola waktu. Dengan adanya evaluasi, Anda bisa mengetahui kekurangan-kekurangan yang masih bisa dibenahi.
Evaluasi sendiri sebaiknya Anda lakukan sesering mungkin. Coba lakukan evaluasi setiap malam sebelum Anda tidur. Biasanya akan terlihat poin-poin penting yang bisa Anda tingkatkan.
Jangan lupa juga untuk memperhatikan poin-poin yang Anda rasa sudah maksimal. Nantinya Anda bisa menjaga hal tersebut sehingga tetap dilakukan esok hari.
Manajemen waktu membutuhkan komitmen tinggi dari diri sendiri. Tanpa adanya komitmen, sulit untuk mendapatkan hal yang maksimal.
Selain itu manajemen waktu sendiri membutuhkan pembiasaan. Semakin sering Anda mempraktikkannya maka semakin terampil juga Anda dalam mengelola waktu.
5 Tips Manajemen Waktu Yang Efektif. Diakses pada 12 November 2024, dari https://hr.proxsisgroup.com/5-tips-manajemen-waktu-yang-efektif/
(2024, 3 Januari). 8 Cara Manajemen Waktu yang Baik dan Efektif untuk Diterapkan!. Diakses pada 12 November 2024, dari https://www.sehataqua.co.id/cara-manajemen-waktu/
Greatnusa. (2023, 19 Februari). Bagaimana Cara Mengatur Manajemen Waktu yang Tepat? Diakses pada 12 November 2024, dari https://greatnusa.com/article/manajemen-waktu
(2024, 16 Juni). Manajemen Waktu Mahasiswa: Tips dan Trik agar Tetap Produktif dan Terorganisir. Diakses pada 12 November 2024, dari https://iti.ac.id/manajemen-waktu-mahasiswa/
SoM, P.P.M. (2023, 30 Juli). Seperti Inilah Cara Meningkatkan Time Manajemen Skill. Diakses pada 12 November 2024, dari https://ppmschool.ac.id/time-manajemen-skill/
Salah satu tips agar dapat menjadi lebih produktif adalah dengan mengetahui cara mempraktekkan teknik pomodoro. Coba & simak cara lengkapnya!
Tidak semua orang paham cara meningkatkan konsentrasi dan ini bisa sangat merugikan. Simak cara mengatasinya
Mengulas sejarah uang dari barter sampai sekarang, dan bagaimana alat tukar berevolusi seiring kemajuan peradaban manusia.
Pelajari berbagai penyebab gangguan mental, mulai dari faktor genetik hingga lingkungan, serta pentingnya menjaga kesehatan mental.
Skala prioritas adalah hal yang sangat penting dalam hidup dan memahaminya bisa membuat Kamu lebih produktif dalam beraktivitas.
Ingin hidup menjadi lebih tenang? Mengetahui bagaimana cara melakukan mindfulness dapat menjadi alternatif solusinya, simak selengkapnya.