Tentang Tujuan Hidup Dan Perubahan

Home » Article » Tentang Tujuan Hidup Dan Perubahan

Category:

Hidup adalah sebuah perjalanan yang panjang nan kompleks dan penuh dengan momen-momen yang membentuk identitas dan makna bagi setiap individu. Setiap orang memiliki kisahnya masing-masing, tujuan hidup masing-masing, dan seringkali ketika kita mengeksplorasi dan menjalani kehidupan kita, muncul sebuah pertanyaan mendasar yang terkadang sulit untuk kita jawab, yakni tentang “Apa tujuan hidupmu untuk kedepannya?”

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengapa banyak orang gagal ketika mengejar tujuan mereka masing-masing, gagal untuk mewujudkan resolusi yang selalu dimiliki setiap tahunnya. Serta langkah apa yang sebaiknya diambil untuk memberikan sebuah perubahan dalam hidup.

Mari kita mulai.

Mimpi dan Tujuan Hidup

Setiap orang memiliki tujuan mereka masing-masing. Setiap orang memiliki berbagai mimpi dan harapan yang ingin mereka wujudkan dalam hidup mereka, terlepas dalam jangka panjang maupun pendek.

Contohnya dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, dimana banyak orang dengan cekatan menulis ataupun membuat resolusi tahunan untuk diri mereka sendiri.

Namun seperti yang kita tahu, mimpi akan tetap menjadi sebuah mimpi jika kita tidak melakukan apapun.

Bermimpi itu mudah. Membayangkan seolah-olah kita telah mencapai sesuatu yang kita impikan adalah hal yang sangat mudah. Kita dapat melakukannya setiap hari. Kapanpun, bahkan dimanapun.

Justru hal yang sulit adalah ketika kita dihadapkan dengan realita. Dimana kita tidak akan pernah mendapatkan apa-apa tanpa berusaha.

Dan seperti yang kita tahu, banyak orang menginginkan sebuah perubahan besar dalam hidup mereka, banyak orang juga bersemangat ketika menyusun rencana untuk meraih apa yang mereka impikan. Namun ironisnya, banyak orang juga berakhir tanpa melakukan apa-apa. Menyerah ditengah jalan. Bahkan gagal sebelum mencobanya.

Dan bisa jadi, kita mungkin adalah salah satunya.

Tapi mengapa?

Mengapa seringkali kita gagal ketika telah membuat serta memiliki tujuan untuk kedepannya?

Mengapa kita terkadang berhenti ditengah-tengah proses ketika mengejar tujuan kita masing-masing?

Dan mengapa kita seringkali hanya menginginkan sebuah hasil akhir daripada menjalani semua proses yang dibutuhkan?

Tentang Resolusi dan Aksi

Membuat resolusi ataupun impian memang terdengar seksi. Tapi yang banyak orang lupa adalah mimpi dan sasaran, hanya ada untuk memberitahu kemana kita harus pergi melangkah, dan bukan menjadi pemandu kita untuk meraihnya.

Untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, seringkali kita membutuhkan sebuah sistem dan kebiasaan baru.

Sama halnya dengan membaca buku misalnya.

bertujuan membaca buku

Jika tujuanmu adalah membaca buku sampai selesai atau ingin menjadi suka membaca, kamu bisa memulainya dengan membaca buku yang kamu sukai satu halaman setiap hari, atau bahkan hanya satu paragraf setiap harinya.

Dengan begitu, lama-kelamaan sebuah kebiasaan baru akan mulai terbentuk dengan sendirinya. Dan begitu sebuah kebiasaan membaca telah terbentuk, membaca buku tidak akan menjadi hal yang terasa sulit dan melelahkan, sehingga untuk membaca dua tiga halaman ataupun lebih akan menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan, dan pada akhirnya kamu jadi dapat membaca lebih banyak buku dengan sendirinya tanpa kamu sadari.

Dan kabar baiknya, karena sebuah kebiasaan telah terbentuk, hal tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Perubahan Kecil yang Berdampak Besar

Melakukan perubahan-perubahan kecil seringkali justru dapat berdampak besar dan signifikan bagi hidup kita, termasuk dalam mengejar tujuan hidup kita masing-masing

Memang, beberapa mimpi datang dengan tenggat waktu, dan begitu kita mencapai titik tertentu dalam hidup kita, mimpi itu akan berada di luar jangkauan kita untuk selamanya.

Namun, hanya karena satu mimpi telah padam, bukan berarti kita tidak bisa menyulut mimpi-mimpi yang lain.

Membuat impian kita menjadi kenyataan adalah tanggung jawab kita masing-masing. Dan sikap menunda-nunda adalah musuh besar, serta jauh lebih berbahaya daripada kegagalan itu sendiri.

Jadi apa tujuan dan harapanmu untuk kedepannya?

Dan Apakah kamu siap untuk mengejar tujuanmu sendiri?

Mulailah dengan sebuah langkah kecil.

Small changes lead to lasting breakthroughs

Regards,

AL


Baca Juga: